Jollibee Foods Corporation (JFC), induk restoran cepat saji Jollibee, mengumumkan hal yang tak lumrah bagi sebuah merek kuliner. Restoran cepat saji asal Filipina ini baru saja meluncurkan action figure Nendoroid dari maskotnya, Jollibee.
Nendoroid adalah serangkaian action figure chibi (karakter dengan proporsi kepala besar dan tubuh kecil) yang merupakan produk dari Good Smile Company. Seri action figure ini biasanya berdasar dari karakter populer dari anime, manga, video game, dan budaya pop Jepang.
Kepala dan lengan Figure Nendoroid bisa berubah posisi. Bagian tubuh lain seperti eskpresi wajahnya juga tersedia dalam beberapa varian, sehingga memungkinkan kustomisasi pose dan ekspresi wajah yang lucu.
Nendoroid Jollibee Resmi dari Jepang
Bekerjasama dengan Good Smile Company dari Jepang, restoran dengan menu ayam goreng Chickenjoy andalannya ini mengumumkan perilisan Nendoroid resminya pada Rabu (12/2) kemarin. Mereka mengumumkannya melalu akun Instagram dan Facebook resminya.
Banyak warganet Filipina yang mengira postingan ini hanyalah candaan semata, namun melansir situs My Figure Colection, action figure ini adalah produk asli hasil kerjasama kedua perusahaan tersebut.
Maskot Jollibee yang merupakan personifikasi lebah dengan jas merah dan topi koki tersebut berukuran 10cm. Seperti action figure nendoroid pada umumnya, akan tersedia beberapa ekspresi wajah yang dapat disesuaikan sesuka hati.
JFC akan segera membuka pre-order untuk maskotnya dalam waktu dekat, dan belum jelas apakah item ini tersedia bagi kolektor di luar Filipina atau tidak.
Restoran Fast Food Filipina yang Mendunia
Jollibee pertama kali dibuka pada 11 Januari 1978 di Cubao, Quezon City, Filipina. Awalnya, Tony Tan Caktiong dan keluarganya membuka sebuah kedai es krim yang menyajikan merek Magnolia pada tahun 1975. Tak hanya es krim, mereka juga mulai menyajikan sajian makanan hangat siap saji.
Namun, seiring perkembangannya, menu hamburger yang juga mereka jajakan menjadi lebih populer daripada es krim. Akhirnya, keluarga ini memutuskan untuk mengubah kedai es krim tersebut menjadi restoran cepat saji. Jollibee Foods Corporation (JFC) didirikan pada bulan Januari 1978.
Gerai pertama Jollibee terletak di kawasan Metro Manila, dan berkembang pesat sejak saat itu. Perkembangan ini terbukti dengan pangsa pasar mereka yang bahkan bisa mengalahkan raksasa restoran cepat saji seperti McDonald’s. Meskipun McDonald’s masuk ke Filipina sejak tahun 1981, Jollibee berhasil merajai pasar Filipina dengan fokus pada selera pasar.
Ekspansi luar negeri pertama Jollibee terjadi pada tahun 1986 di Taiwan, meskipun lokasi tersebut akhirnya ditutup. Jollibee terus berkembang dan membuka gerai di berbagai negara di seluruh dunia, mulai dari Singapura, Brunei, Arab Saudi, Inggris, hingga Amerika Serikat.
Jollibee sendiri pernah membuka gerainya di Indonesia pada tahun 1991. Namun, dua gerai yang terletak di Jakarta tersebut terpaksa harus tutup akibat dari krisis moneter tahun 1997.
Bagaimana tanggapanmu?